-->
steamdb, eaplay, asuransi, laptop, lenovo, tiket pesawat, harbolnas, investasi, kredit, pinjaman online, pinjol, kursus

Soal Trigonometri Ukuran Sudut Derajat dan Radian Beserta Pembahasannya


Kami akan membagikan contoh soal trigonometri kelas 10 dan pembahasannya, soal trigonometri ukuran sudut derajat dan radian beserta pembahasannya, uji kompetensi 4.1 matematika kelas 10 halaman 126.  Materi ini terdapat pada buku paket SMA kelas 10 kurikulum 2013 tentang trigonometri. Kami sudah menyediakan soal trigonometri dan jawabannya yang akan disediakan melalui link. Soal tersebut berbentuk uraian yang terdiri dari 10 soal.

Tujuan kami dalam membagikan soal trigonometri untuk kelas 10 adalah untuk dapat mudah dalam memahami materi tentang trigonometri. Memudahkan tugas sekolah, meringankan beban tugas sekolah Anda. Pada jawaban ini Anda dapat pelajari, analisis, dan pahami kembali, agar dapat memahami soal tersebut. Jika ada jawaban yang tidak mengerti Anda bisa tanyakan kepada kami melalui kontak atau komentar.

Untuk dapat memahami materi trigonometri Anda harus dapat menyelesaikan aturan tentang sinus, fungsi dari trigonometri yang bisa menggunakan bentuk lingkaran. Mengetahui masalah yang berkaitan dengan pengukuran sudut pada derajat dan rasio trigonometri.

Perlu kita ketahui bahwa terdapat dua ukuran yang ditandai dengan tanda derajat dan rad meneruskan dengan simbol radian dan juga derajat. Kalau kita jelaskan, lingkaran yang berukuran penuh kita bisa disimbolkan dengan angka 360 derajat atau memakai satu derajat untuk besar sudut jadi kita bentuk 1 per 360 derajat x putaran.

Pada lingkaran juga dapat mendeskripsikan ukuran lingkaran tersebut bisa dengan 1 per 3 putaran, 2 per 3 putaran. Per radian kita dapat dijelaskan merupakan satu sudut pusat yang merupakan panjang pada busur dengan jari lingkaran serata. Bila panjangnya busur dengan jari-jari tidak sama, maka untuk dapat menemukan besarnya sudut pada satuan radian harus dengan menggunakan cara perbandingan. Hubungan satu derajat dan 1 radian merupakan serata 1 putaran serata dengan dua r radian.

Pada geometris dapat kita jelaskan bahwa salah satu rotasi dari awal sisinya dan ke sisi akhir. Kita dapat mengartikan arah pada sudut. Salah satu sudut mengarah yang berlawanan terhadap jarum jam, maka akan ditandai dengan tanda positif dan jika jaram jarum tersebut searah dengan putaran sudut tersebut maka kita tandai denga tanda negatif. Kita dapat memperhatikan arah dengan mengetahui posisi sisi akhir sudut menghadap awal sudut pada sisinya. Dapat kita ketahui kalau sisi awal sudut yang berimpit terhadap sudut terminal pada koordinat kartesius kita menyebutnya dengan sudut yang standar.

Demikian adalah materi tentang trigonometri ukuran sudut derajat dan radian. Kami minta maaf jika ada kata yang kurang mengerti pada artikel ini. Jika ingin bertanya Anda bisa mengirim pesan ke kontak kami dan kolom komentar. Kami membutuhkan kritik dan saran yang membangun dari Anda, agar blog ini kedepannya bisa lebih berkembang. Semoga dapat bermanfaat. Terimakasih.
LihatTutupKomentar