-->
steamdb, eaplay, asuransi, laptop, lenovo, tiket pesawat, harbolnas, investasi, kredit, pinjaman online, pinjol, kursus

Carilah Penggunaan Majas yang Sama dalam Hikayat Bayan Budiman dan Tukang Pijat Keliling

Carilah Penggunaan Majas yang Sama dalam Hikayat Bayan Budiman dan Tukang Pijat Keliling

Pada kali ini saya akan membagikan carilah penggunaan majas yang sama dalam hikayat bayan budiman dan tukang pijat keliling. Tugas ini ditemukan pada buku bahasa indonesia kelas xi kurikulum 2013 halaman 137 tentang materi hikayat.

Disini saya hanya menggunakan 3 majas yaitu Majas Alegori, Majas Retoris, dan Majas Hiperbola. Majas Alegori, adalah gaya bahaya berupa penggambaran terhadap sesuatu dengan kiasan. Majas Retoris, yaitu gaya bahasa yang berupa pertanyaaan tetapi jawabannya ada pada pertanyaan tersebut. Majas Hiperbola, yaitu gaya bahasa yang melebih-lebihkan suatu fakta.

Soal

1. Carilah Penggunaan Majas yang Sama dalam Hikayat Bayan Budiman dan Tukang Pijat Keliling. Gunakan tabel berikut ini, Kamu boleh menambahkan kolom dibawahnya sesuai dengan kebutuhan. Kerjakan di buku tugasmu.
2. Temukan penggunaan konjungsi yang menyatakan hubungan waktu dan peristiwa dalam Hikayat Bayan Budiman dan Tukang Pijat Keliling. Gunakan table berikut ini. Kamu boleh menambahkan kolom di bawahnya sesuai dengan kebutuhan.

Jawaban

1. Berikut jawabannya: 

Jenis Majas Kutipan Hikayat Kutipan Cerpen
Majas Alegori - Sebelum pergi dia berpesan kepada istrinya, kalau ada barang suatu pekerjaan, saya menyetujui dengan dua ekor unggas, larangan tidak boleh tiada, sebab fitnah yang ada didunia lebih besar dan tajam dibanding pisau yang tajam.
- Adapun hamba, tuan sama dengan hikayat unggas bayan yang bulunya dicabut oleh istri tuannya.
Katanya masjid sudah dalam keadaan yang berada di ujung tanduk
Majas Retoris Apakah telah dicari oleh manusia didunia ini, selain kehormatan, kesabaran saat menghadapi masalah, dan harta atau kekayaaan. Apakah Darko telah mengetahui kejadian yang akan terjadi?
Majas Hiperbola Harapkan tuan apapun yang terjadi, meskipun jahat atas pekerjaan tuan, Insya allah di atas kepala hamba akan tetap bertahan - Kami harus tumpahkan tenaga setiap hari di ladang
- Pak Lurah merasa terusik saat melihat informasi yang kian hari hampir meluap.

2. Berikut Jawabannya:

Kutipan Hikayat Kutipan Cerpen
- Tak seberapa lama setelah ia berdoa kepada Tuhan, maka saudagar Mubarok pun beranaklah istrinya seorang anak laki-laki yang diberi nama Khojan Maimun.

- Setelah umurnya Khojan Maimun lima tahun, maka di serahkan oleh bapaknya mengaji kepada banyak guru sehingga sampai umur Khojan Maimun lima belas tahun.

- Hatta beberapa lamanya Khojan Maimun beristri itu, ia membeli seekor burung bayan jantan.

- Maka beberapa di antara itu ia juga membeli seekor tiung betina, lalu di bawanya ke rumah dan ditaruhnya hampir sangkaran bayan juga.

- Begitulah seterusnya sehingga Khoja Maimun pulang dari pelayarannya.
- Kemudian kami ketahui, bila malam hampir tandas, Darko kembali ke tempat pemakaman di ujung kampung.

- Seminggu kemudian orang-orang kampung gusar.

- Dengan sikap yang tenang dia mulai mengusap telapak tangan Kurit, menatapnya dengan mata terpejam, kemudian berkata: "Telapak tangan adalah pertemuan antara kesedihan dan kebahagiaan".

- Setelah merasa tak ada lagi sesuatu yang harus dikerjakan, Darko permisi.

- Kini hampir setiap malam selalu saja ada yang membutuhkan jasanya.

- Tak lama jelang itu, Surtini si perawan tua menerima lamaran seorang duda dari kampung sebelah.

Demikianlah materi tentang Carilah Penggunaan Majas yang Sama dalam Hikayat Bayan Budiman dan Tukang Pijat Keliling buku bahasa indonesia kelas xi kurikulum 2013 halaman 137. Semoga bermanfaat dan mohon maaf jika ada kata-kata yang salah ataupun jawaban yang salah. Terima kasih sudah datang di Undang Faiz
LihatTutupKomentar