-->
steamdb, eaplay, asuransi, laptop, lenovo, tiket pesawat, harbolnas, investasi, kredit, pinjaman online, pinjol, kursus

Melengkapi Isi Teks Laporan Hasil Observasi Mengenal Suku Baduy


Melengkapi Isi Teks Laporan Hasil Observasi Mengenal Suku Baduy

Kami akan membagikan kegiatan 1 melengkapi isi teks laporan hasil observasi mengenal suku baduy, materi dapat ditemukan pada buku paket kelas 10 halaman 25. Pada tugas ini disediakan dua nomor untuk menanyakanan pernyataan umum, deskripsi bagian, manfaat objek yang dilaporkan pada teks mengenal suku baduy dan melengkapi isi teks laporan agar menjadi teks laporan yang lebih lengkap. Untuk dapat mengisi dan menjawab pertanyaan itu kita harus menganalisis teks mengenal suku baduy.

Tujuan kami untuk membagikan materi serta pertanyaan tentang bab hasil teks observasi ialah untuk meringankan pekerjaan Anda dalam mengerjakan tugas. Jika Anda merasa kesulitan dengan tugas sekolah pasti Anda mencari di internet. Untuk itu kami selalu membagikan tugas-tugas sekolah tersebut. Anda dapat membaca, menganalisis dan mempelajari pertanyaan tersebut agar dapat mengoreksi setiap jawaban.

Setiap teks laporan hasil observasi salah satunya pasti harus memiliki pernyataan umum atau apa objek yang akan dilaporkan. Kalau tidak ada pernyataan umum pasti itu tidak akan disebut dengan teks laporan hasil observasi. Kemudian yang kedua ialah harus ada deskripsi bagian pada teks yang telah kita laporkan, dan yang terakhir ialah manfaat atau deskripsi manfaat pada objek yang akan dijelaskan. Setelah membaca teks laporan hasil observasi yang kita baca pasti dapat menemukan teks atau tulisan yang tidak lengkap, disana Anda dapat melengkapi teks tersebut degan cara menganalisis struktur teks pada teks hasil observasi.

Teks Mengenal Suku Baduy

Melengkapi Isi Teks Laporan Hasil Observasi Mengenal Suku Baduy
Melengkapi Isi Teks Laporan Hasil Observasi Mengenal Suku Baduy

Soal

1. Apakah dalam teks laporan hasil observasi di atas terdapat (a) pernyataan umum tentang hal yang diobservasi, (b) deskripsi bagian objek yang dilaporkan, dan (c) manfaat objek yang dilaporkan?
2. Apabila teks laporan hasil observasi tersebut tidak lengkap, lengkapilah isi teks laporan hasil observasi tersebut sehingga menjadi teks laporan hasil observasi yang lengkap.

Jawaban

1. Apakah dalam teks laporan hasil observasi di atas terdapat (a) pernyataan umum tentang hal yang diobservasi, (b) deskripsi bagian objek yang dilaporkan, dan (c) manfaat objek yang dilaporkan?

(a).Pernyataan umum mengenal suku baduy

Pada teks mengenal suku baduy dapat ditemukan pernyataan umum yaitu suku baduy, karena pernyataan umum itu berisi tentang objek yang akan dilaporkan. Pernyataan umum itu kita dapat dijumpai pada paragraf pertama dapat dibagi pada kalimat yang berklasifikasi. Kita harus menganalisis pada paragraf pertama tentang teks mengenal suku baduy, disana terdapat kata “adalah”, itu merupakan kalimat yang mengandung kalimat klasifikasi.

(b).Deskripsi bagian objek yang dilaporkan dalam teks mengenal suku baduy

Kita dapat menemukan struktur tersebut yang termasuk dalam deskripsi bagian yaitu menjelaskan tentang membagi antara suku baduy dari dalam dan suku baduy dari luar.

(c).Manfaat objek yang dilaporkan dalam teks mengenal suku baduy 

Untuk Manfaat objek yang dilaporkan dalam teks mengenal suku baduy belum ada. Untuk itu perlu ditambahkan agar menjadi teks laporan hasil observasi yang lengkap.

2. Apabila teks laporan hasil observasi tersebut tidak lengkap, lengkapilah isi teks laporan hasil observasi tersebut sehingga menjadi teks laporan hasil observasi yang lengkap

Dari jawaban nomor 1 dapat kita simpulkan bahwa, teks mengenal suku baduy belum memiliki manfaat objek yang dilaporkan. Untuk melengkapi menjadi teks laporan hasil observasi yang lengkap kita perlu menambahkan manfaat objek yang dilaporkan pada akhir paragraf, sehingga menambahkan paragraf baru, sebagai berikut:

Paragraf ke 7
Dengan mengetahui informasi tentang suku baduy, kita dapat mendapatkan banyak informasi dan dapat mempelajari kearifan lokal suku baduy tersebut. Walapun suku baduy jauh dari peradaban, namun suku baduy tetap mempertahankan budayanya dan tradisi nenek moyangnya, salah satunya adalah semangat gotong royong, hal ini dapat menjadi contoh bagi bangsa indonesia.

Demikian adalah materi tentang melengkapi isi teks laporan hasil observasi mengenal suku baduy. Mohon maaf jika masih ada kesalahan pada jawaban atau artikel. Semoga dapat bermanfaat. Terimakasih sudah datang di Undang Faiz.
LihatTutupKomentar