-->
steamdb, eaplay, asuransi, laptop, lenovo, tiket pesawat, harbolnas, investasi, kredit, pinjaman online, pinjol, kursus

Soal Teknologi Ramah Lingkungan Kelas 9 dan Jawaban


Jawaban uji kompetensi bab 10 ipa kelas 9 bab teknologi ramah lingkungan. Materi ini dapat ditemukan pada buku paket kelas 9 semester 2 pada bab terakhir yakni dikelas 9 bangku SMP. Tujuan Kami membagikan jawaban latihan soal tersebut adalah untuk meringankan para pelajar dalam mengerjakan pekerjaan rumah atau tugas sekolah.

Soal ini terdiri dari 15 soal 10 diantaranya soal pilihan ganda dan sisanya 5 soal berbentuk uraian/esai. Mungkin bermanfaat bagi siswa SMP untuk mencari jawaban soal latihan tersebut.  Setiap soal akan kami berikan jawaban, jawaban tersebut akan dicantumkan setelah soal, jika menurut anda jawaban salah bisa memberikan kritik melalui kontak blog ini, pasti pertanyaan anda akan kami jawab jika ada waktu.

Pasti Anda masih ingat dengan materi yang berkenaan dengan energi. Energi bagi kehidupan ada energi listrik, energi gerak, energi panas, energi potensial, dan sebagainya. Barang-barang yang ada pada kehidupan sehari-hari pasti membutuhkan energi, seperti kendaraan motor, mobil dan sebagainya. Pada kendaraan harus mempunyai energi dari bahan bakar minyak/bensin.

Energi juga ada yang dapat diperbarui dan ada yang tidk dapat diperbarui. Contoh energi yang bisa diperbarui seperti matahari, air, angin dan sebagainya. Minyak bumi merupakan energi yang tidak bisa diperbarui, gas LPG, batur bara itu merupakan contoh energi yang tidak bisa diperbarui.

Materi teknologi ramah lingkungan dapat dibagi menjadi beberapa konsep yakni prinsip teknologi ramah lingkungan contoh memperhatikan pelestarian lingkungan, menggunakan sumber daya yang bisa diperbarui, dan tidak menghasilkan limbah yang berbahaya. Jika tidak memiliki prinsip tersebut maka akan menjadi teknologi yang tidak ramah lingkungan contoh teknologi pengolahan minyak bumi dan teknologi pengolahan batu bara. Beberapa materi tersebut akan masuk pada latihan soal yang dibagikan. Berikut adalah soal dan jawaban uji kompetensi bab 10 kelas 9 bab ipa teknologi ramah lingkungan.

Soal Pilihan Ganda Teknologi Ramah Lingkungan
1. Sumber energi yang paling aman bagi lingkungan adalah .
A. nuklir
B. batu bara
C. matahari
D. minyak bumi

2. Minyak mentah dapat diolah menjadi berbagai jenis bahan bakar seperti bensin, avtur, kerosin, serta aspal. Prinsip dasar dalam pengolahan minyak mentah tersebut adalah .
A. penyaringan berdasarkan ukuran molekul
B. penyaringan berdasarkan berat jenis molekul
C. pemanasan dan pemisahan berdasarkan titik didih
D. pemisahan berdasar kelarutannya pada pelarut tertentu

3. Pembakaran batu bara sebagai sumber energi dapat menimbulkan beberapa dampak negatif. Berikut ini yang merupakan dampak negatif pembakaran batu bara adalah....
A. menyebabkan polusi udara
B. menghasilkan zat radioaktif
C. menghasilkan natrium klorida
D. menyebabkan pencemaran tanah

4. Bentuk aplikasi teknologi yang memberikan kemudahan bagi manusia dalam memenuhi kebutuhannya, namun tetap menjaga kelestarian lingkungan baik sekarang maupun yang akan datang merupakan pengertian dari ....
A. bioteknologi
B. bioremediasi
C. teknologi modern
D. teknologi ramah lingkungan

5. Berikut ini yang bukan merupakan prinsip-prinsip teknologi yang tetap menjaga kelestarian lingkungan adalah ....
A. menjaga keberlangsungan lingkungan di masa depan
B. memperhatikan kesimbangan lingkungan, sosial, dan ekonomi
C. menggunakan sumber daya alam yang dapat diperbarui
D. menggunakan bahan-bahan yang tidak dapat didaur ulang

6. Contoh aplikasi teknologi ramah lingkungan dalam bidang energi adalah sebagai berikut, kecuali ....
A. biofuel
B. geotermal
C. panel surya
D. osmosis balik

7. Teknologi penyediaan energi alternatif dengan menggunakan sumber daya alam yang dapat diperbarui berupa tumbuhtumbuhan disebut ....
A. biofuel
B. biogas
C. fuel cell
D. biopori

8. Keunggulan dari penggunaan panel surya untuk menghasilkan energi listrik adalah sebagai berikut, kecuali .... A. tidak menghasilkan gas SO
B. mudah dipasang dan dikembangkan
C. tidak menghasilkan emisi rumah kaca
D. menghasilkan listrik meskipun di malam hari

9. Teknologi yang memanfaatkan panas yang ada dalam lapisan dalam bumi untuk digunakan dalam penyediaan energi listrik dilakukan dengan ....
A. geologi
B. geopower
C. geotermal
D. geoelektrik

10. Kendaraan-kendaraan berikut yang paling ramah lingkungan adalah ....
A. bus dengan mesin diesel
B. bus dengan mesin motor listrik
C. pesawat dengan bahan bakar avtur
D. motor dengan bahan bakar minyak bumi

Soal Uraian Teknologi Ramah Lingkungan
1. Biopori dapat dibuat di sekitar rumah kita. Jelaskan manfaat biopori bagi lingkungan! SIST 19
2. Kegiatan apa saja yang dapat kamu lakukan untuk menghemat penggunaan energi? Berikan contohnya dalam kehidupan seharihari!
3. Sebagai generasi penerus bangsa Indonesia, menurutmu teknologi manakah yang lebih baik dikembangkan antara teknologi pengolahan minyak bumi atau batu bara dengan teknologi pengubahan energi angin atau air menjadi energi listrik? Jelaskan!
4. Bagaimana teknik pemurnian air secara sederhana? Buatlah skema alatnya dan beri penjelasan!
5. Jelaskan potensi energi alternatif di Indonesia dan berikan contohnya.

Soal dan Jawaban Teknologi Ramah Lingkungan

Demikian soal dan jawaban uji kompetensi bab 10 kelas 9 bab ipa teknologi ramah lingkungan. Bila masih ragu-ragu dengan jawaban yang kami bagikan, anda bisa memberi kritik, saran melalui kontak blog ini yang berada di atas. Mungkin masih banyak kesalahan terutama pada jawaban yang bila belum lengkap atau jawaban salah. Ini merupakan materi terakhir yang dipelajari disemester 2 pelajaran ipa dan untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Sebentar lagi kita akan menghadapi UN dan USBN kira-kira hanya tinggal menghitung beberapa bulan lagi. Oleh karena itu mari kita persiapkan diri dari sekarang untuk menghadapi ujian tersebut. Salah satu cara untuk mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian adalah dengan membaca materi, mempelajari latihan soal. Sekian informasi dari kami semoga dapat bermanfaat, Terimakasih.
LihatTutupKomentar