-->
steamdb, eaplay, asuransi, laptop, lenovo, tiket pesawat, harbolnas, investasi, kredit, pinjaman online, pinjol, kursus

Soal dan Jawaban Kemagnetan dan Pemanfaatannya (Pilgan & Esai)


Pada kali ini kami akan membagikan Soal dan jawaban  kemagnetan dan pemafaatannya dalam produk teknologi. Materi ini merupakan materi pertama yang akan dipelajari di kelas 9 yakni semester 2 bab 6. Bab ini berisi tentang kemagnetan dan pemafaatannya dalam produk teknologi. Beberapa bagian konsep dari materi tersebut terdiri dari teori kemagnetan yang berisi sifat bahan magnet, cara membuat magnet, cara menghilangkan magnet dan teori kemagnetan bumi. Kemagnetan dalam produk teknologi terdiri dari magnetic resonance imaging, kereta maglev dan PLTN. Semua konsep dari materi tersebut sudah kami buat untuk latihan soal tentang kemagnetan dan pemanfaatannya.

Soal dan jawaban yang kami bagikan yang pertama adalah berkaitan dengan pemanfaaatan medan magnet yang ada di bumi. Menunjukkan magnet yang dipotong, serta magnet itu berada di kutub yang mana. Sebuah baterai yang dililiti kawat juga disambungkan dengan energi listrik, jadi kita akan mengetahui apa yang pasti terjadi pada paku tersebut. Sebuah wadah yang didalamnya ada campuran pasir serta serbuk besi, disini harus memisahkan antara serbuk besi dan pasir yang berada dalam wadah.

Soal berikutnya yakni hewan yang memiliki manfaat terhadap magnet untuk dapat bisa navigasi diantaranya lobster yang berduri. Kemudian magnet yang kuat dapat menarik besi yang lumayan besar, sehingga campuran antara baja dan juga almunium akan terpisah. Dalam sebuah gambar kalau magnet didekatkan maka yang akan terjadi yaitu tolak menolak/tarik menarik.

Siswa dapat melakukan mengetahui kuatnya sebuah magnet, siswa itu memegang sejumlah magnet yang berbeda jenisnya, ukuran dan juga wujud bentuk pada magnet tersebut. Disediakan sebuah logam siswa tersebut mengangkat logam tersebut dengan magnet. Agar dapat mengetahui kekuatan magnet kita harus menghitung berapa logam yang telah diangkat oleh siswa tersebut dengan magnet.

Kami bagikan latihan soal kemagnetan dan pemafaatannya dalam produk teknologi bertujuan untuk membantu para siswa dalam mengerjakan setiap tugas atau pekerjaan rumah. Soal dan jawaban yang dibagikan kemungkinan tidak memakai gamabar, hal ini karena akan terlalu padat pada artikel. Jadi Kami sarankan untuk membaca di buku paket ipa kelas 9 semester 2 untuk melihat gambar pada soal. Dalama latihan terdiri dari 10 soal berbentuk pilihan ganda dan 5 soal berbentuk esai/uraian. Berikut Kami bagikan soal dan jawaban kemagnetan dan pemafaatannya dalam produk teknologi

Soal Uji Kompetensi
1. Magnet berikut ini yang bekerja dengan memanfaatkan medan magnet bumi adalah ....
A. magnet U
B. magnet jarum
C. magnet batang
D. magnet ladam

2. Perhatikan gambar berikut!
Jika sebuah magnet batang dipotong, maka keberadaan kutubnya ....
A. bagian b tidak memiliki kutub
B. bagian a memiliki kutub utara dan selatan
C. bagian a hanya akan memiliki kutub utara saja
D. bagian a dan b masing-masing hanya memiliki satu jenis kutub saja

3. Perhatikan gambar berikut!
Baterai Jika sebuah paku dililiti oleh kawat yang dialiri arus listrik, maka peristiwa yang akan terjadi pada paku adalah ....
A. paku akan meleleh
B. paku dapat menjadi magnet
C. paku mampu mengalirkan listrik
D. paku tidak mengalami reaksi apapun

4. Di kotak ada campuran serbuk besi dan pasir. Cara yang paling mudah untuk memisahkan serbuk besi dari pasir adalah ....
A. menggunakan magnet
B. menggunakan kaca pembesar
C. memanaskan campuran tersebut
D. menuangkan air pada campuran tersebut

5. Hewan-hewan berikut yang memanfaatkan kemagnetan untuk melakukan navigasi adalah ....
A. gurita
B. kepiting
C. ikan tuna
D. lobster duri

 6. Magnet yang kuat akan memisahkan campuran antara ....
A. emas dan perak
B. emas dan bismut
C. besi dan aluminium
D. tembaga dan bismut

7. Perhatikan gambar berikut!
Berikut dari keempat gambar tersebut yang menunjukkan jika dua magnet didekatkan maka akan saling tolak menolak adalah gambar
A. 1 dan 3 
B. 2 dan 3 
C. 1 dan 4
D. 1, 2, 3, dan 4

8. Seorang siswa melakukan investigasi untuk menguji kekuatan magnet. Siswa tersebut memiliki beberapa magnet dengan ukuran, bentuk, dan massa yang berbeda. Dia menggunakan magnet untuk mengangkat klip logam. Cara mengukur kekuatan magnet melalui investigasi yang benar adalah dengan menghitung ....
A. massa magnet yang mengangkat klip logam
B. ukuran magnet yang mengangkat klip logam
C. jumlah klip logam yang diangkat oleh magnet
D. klip logam yang tetap menempel pada magnet

9. Peralatan berikut yang memanfaatkan prinsip elektromagnetik adalah ....
A. kipas angin
B. jam tangan
C. lampu listrik
D. kompor listrik

10. Perhatikan gambar berikut ini!
Arah gerak jarum galvanometer dipengaruhi oleh ....
A. jumlah lilitan
B. besar medan magnet
C. kecepatan gerak magnet
D. kutub magnet yang dimasukkan

Soal Uraian
1. Sebatang magnet dipotong seperti pada gambar di bawah. Tuliskan simbol U (utara) dan S (selatan) pada kotak untuk menunjukkan kutub dari ujung yang dipotong!
2. Gambar berikut menunjukkan jarum kompas dengan label utara dan selatannya. Kompas tersebut diletakkan di dekat sebuah magnet batang seperti gambar di bawah. Gambarkan jarum kompas pada lingkaran di atas dan beri label kutub utara dan selatannya. Jelaskan jawabanmu menggunakan pengetahuanmu tentang magnet!
3. Gambar berikut menunjukkan peristiwa yang akan terjadi pada tiga magnet ketika ketiga magnet tersebut diletakkan berdekatan pada sebuah pensil. Magnet X dan Y bergerak sampai bersentuhan tetapi magnet Y dan Z tetap terpisah.
a. Jelaskan mengapa magnet X dan Y dapat bersentuhan?
b. Jelaskan mengapa magnet Y dan Z tetap terpisah?
4. Dayu memiliki dua batang logam. Dia tahu batang logam 1 merupakan magnet.
a. Bagaimana Dayu menggunakan batang logam 1 untuk mencari tahu jika batang logam 2 adalah magnet?
b. Apa yang seharusnya Dayu amati jika batang logam 2 merupakan magnet?
5. Jelaskan bagaimana prinsip kerja kereta maglev!

Kunci Jawaban Soal Uji Kompetensi
Jawaban Soal Uraian
1. Gambar kutub magnet yang terbentuk.

2. Kutub utara jarum kompas akan menunjuk pada kutub selatan magnet, sebaliknya kutub selatan jarum kompas akan menunjuk pada kutub utara magnet.
3.
a. Magnet X dan Y bersentuhan karena kutub yang saling berhadapan berbeda.
b. Magnet Y dan Z tetap terpisah karena kutub yang saling berhadapan sama.
4. Dayu memiliki dua batang logam. Dia tahu batang logam 1 merupakan magnet.
a. Mendekatkan batang 2 ke batang 1. Caranya adalah dengan menguji ujung-ujung batang 2 ke batang 1. Jika salah satu ujung batang 2 menolak ujung batang 1, maka dapat dipastikan batang 2 adalah magnet, karena hanya kutub magnet yang sama jenisnya yang saling tolak-menolak.
b. Gaya tolak-menolak kutub magnet yang sejenis. Gaya tarik benda tidak dapat digunakan sebagai acuan untuk mengetahui bahwa benda tersebut magnet atau bukan karena benda feromagnetik juga akan ditarik magnet.
5. Kereta maglev menerapkan prinsip gaya tolak menolak magnet serta didorong dengan menggunakan motor induksi.

Uji Kompetensi Kemagnetan dan pemanfaatannya

Demikian adalah soal dan jawaban kemagnetan dan pemafaatannya dalam produk teknologi. Semoga informasI yang kami bagikan untuk kali ini dapat memberi manfaat bagi para pembaca khusunya untuk siswa SMP kelas 9 yang mempelajari materi ini. Mohon maaf masih banyak kesalahan karena gambar tidak dimasukkan dalam soal yang ada di atas, namun Anda bisa membuka buku kelas 9 semester genap. Jika masih banyak kesalahan dalam artikel ini Anda bisa memberi kritik atau saran yang membangun, supaya kedepannya blog ini bisa lebih baik lagi. Kami ucapkan terimakasih kepada para pembaca.
LihatTutupKomentar