-->
steamdb, eaplay, asuransi, laptop, lenovo, tiket pesawat, harbolnas, investasi, kredit, pinjaman online, pinjol, kursus

Gagasan Penjelas dari Gagasan Utama Merpati dan Dara


Gagasan Penjelas dari Gagasan Utama Merpati dan Dara

Kali ini kami akan membagikan gagasan penjelas berbagai spesies merpati dan dara dimanfaatkan sebagai burung hias, gagasan penjelas dari merpati dan dara memiliki spesies yang bermacam , gagasan penjelas dari merpati dan dara adalah burung yang berbadan. Materi ini merupakan materi kelas 10 tentang melengkapi gagasan pokok dengan gagasan penjelas terdapat pada buku paket bahasa indonesia hal 46 kurikulum 2013.

Tugas ini kami bagikan bertujuan untuk mempermudah para siswa dalam mempelajari materi sekolah dan meringankan tugas sekolah. Anda dapat mempelajari, menganalisis, dan mengoreksi jawaban. Jika Anda merasa ragu dan jawaban Anda bisa mengoreksi jawaban tersebut dengan mengirim pesan melalui kolom komentar atau kontak kami. Anda dapat memberi pertanyaan terhadap jawaban tersebut dengan mengirim pesan.

Pada materi ini kita disuruh untuk menentukan gagasan penjelas terhadap gagasan pokok yang disediakan. Gagasan penjelas merupakan pengembangan dari gagasan pokok. Satu paragraf dapat ditulis dengan satu gagasan pokok kemudian dikembangan dari gagasan pokok atau gagasan utama.

Perlu diketahui tempat gagasan pokok atau gagasan utama itu dapat dibagi menjadi 4, yakni deduktif adalah gagasan pokoknya berada di awal paragraf. Induktif yaitu gagasan utama berada diakhir paragraf. Paragraf campuran yaitu gagasan pokonya berada diawal paragraf dan akhir paragraf. Kemudian yang terakhir adalah narasi. Deduksi yaitu menuliskan kesimpulan dari yang umum letak gagasan utamanya ada di awal paragraf. Induksi berarti gagasan pokoknya terletak di akhir.

Soal Tugas

Marilah berlatih mengembangkan paragraf sebagaimana contoh pengembangan diatas

Jawaban Tugas Gagasan Penjelas dari Gagasan Utama Merpati dan Dara 

Berikut ini tabel jawaban Gagasan Penjelas dari Gagasan Utama Merpati dan Dara.


No Gagasan Utama Gagasan Penjelas
1. Merpati dan dara adalah burung yang berbadan gempal dengan leher pendek, paruh ramping pendek, dan cere berair. Tubuh burung merpati yang gempal ditutupi oleh bulu yang halus dan juga memiliki corak yang bermacam- macam. Dikarenakan merpati dan dara termasuk dalam hewan herbivora, dari bentuk paruh merpati dan dara agak bengkok dan juga terdapat tonjolan di pangkal paruh sebelah atas.Paruh Merpati dan Dara yang ramping dan juga pendek dapat berfungsi untuk menjepit mangsanya yang berukuran kecil yaitu seperti serangga, cacing, dan biji bijian.
2. Merpati dan dara memiliki spesies yang bermacam. Pada merpati dan juga dara mempunyai banyak spesies dimulai dari merpati yang memiliki ekor empat kipas. Ini disebut kipas karena pada bulu bentuknya seperti kipas. Bulunya putih seperti cahaya yang membuat menarik pengunjung. Merpati lahore merupakan merpati yang bulu pada kakinya panjang, ini merupakan salah satu keunikan dari merpati tersebut.
3. Berbagai spesies merpati dan dara dimanfaatkan sebagai burung hias. Terdapat jenis burung merpati hias. Merpati hias merupakan jenis varietas dari merpati karang yang telah dijinakkan. Hewan tersebut pada umumnya dibesarkan oleh peternak atau juga penyuka merpati untuk alasan seperti bentuk, ukuran, warna, dan juga perilakunya yang khas. Merpati jenis ini yaitu Merpati Hias sering kali diperlihatkan di sebuah perlombaan, pameran merpati, dan juga pameran hewan peliharaan lainnya.


Demikian merupakan artikel yang menjelaskan tentang Gagasan Penjelas dari Gagasan Utama Merpati dan Dara. Anda dapat memberikan kritik atau saran yang membangun, agar blog ini bisa lebih maju lagi. Semoga bermanfaat dan Terima kasih sudah datang di Undang Faiz, mohon maaf jika ada salah kata dalam penulisan ataupun jawaban.
LihatTutupKomentar