-->
steamdb, eaplay, asuransi, laptop, lenovo, tiket pesawat, harbolnas, investasi, kredit, pinjaman online, pinjol, kursus

Contoh Soal Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup, Jawaban

Contoh Soal Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup, Jawaban

Kali ini kami akan membagikan jawaban uji kompetensi ipa bab 8 hal 150, materi ini merupakan materi tentang partikel penyusun benda dan makhluk hidup. Sebelumnya beberapa postingan yang berkenaan dengan latihan soal uji kompetensi sudah dibagikan, ini merupakan postingan ketiga dalam pelajaran IPA. Soal dan jawaban terdiri dari 15 soal yang berbentuk pilihan ganda 10 soal dan uraian sebanyak 5 soal. Semoga dengan jawaban yang Kami bagika bisa membri manfaat bagi kita semua. Seluruh siswa kelas 9 pasti sangat membutuhkan pembahasan untuk soal ipa tersebut.

Allah SWT yang sudah menciptakan semua mahluk serta alam semesta yang ada di dunia ini lengkap dengan memberikan zat yang mempunyai fungsi untuk menjaga kehidupan makhluk hidup. Salah satu ciptaan Allah ialah dengan adanya proses fotosintesis, ini merupakan sesuatu yang dibutuhkan agar makhluk hidup tetap hidup. Proses fotosintesis terjadinya karena adanya tumbuhan. Tumbuhan berfungsi untuk mendapatkan oksigen dan merupakan makanan untuk makhluk hidup yang membutuhkan makanan, seperti hewan serta manusia.

Tumbuhan yang sudah tua, daunnya akan kering dan berjatuhan akan menjadi sampah, hal ini akan membusuk. Zat yang terdapat di dunia ini akan disusun dengan partikel yang mungil atau sering disebut dengan atom. 

Soal-soal serta jawaban tentang materi partikel penyusun benda adalah sebagai berikut. Soal pertama kita harus mengetahui partikel terkecil pada suatu benda ialah partikel. Kedua atom yang menyatu dengan atom yang berbeda dan juga yang sama sering disebut molekul. Kulit atom bukan merupakan partikel yang tersusun dalam atom. atom yang terdapat listrik serta muatan listrik sering disebut ion. Salah satu akibat bedanya sifat pada zat dengan zat yang berbeda ialah, bedanya urutan atom pada suatu susunan atom. Baja merupakan bahan yang terbaik untuk digunakan untuk pembuatan skok yang berada di belakang pada kendaraan motor.

Tujuan dalam pembuatan soal dan jawaban tersebut adalah untuk mempermudah siswa dalam menganalis atau mengerjakan setiap butir soal. Karena soal ini pasti lumayan sulit kalau tidak ada sumber, salah satu sumber untuk mencari informasi adalah internet.  Untuk menggunakan internet Kita harus menyaring hal yang buruk dan gunakan internet dengan hal yang positif. Kita gunakan internet untuk mencari informasi yang bermanfaat seperti materi, latihan soal dan sebagainya. Berikut Kami bagikan jawaban uji kompetensi ipa bab 8 partikel penyusun benda makhluk hidup.'

Soal Pilihan Ganda Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup

1. Bagian terkecil dari suatu materi yang masih memiliki sifat materi tersebut disebut ..
A. atom
B. unsur
C. partikel
D. molekul

2. Dua atom atau lebih yang bergabung (melalui ikatan kimia), baik antara atom-atom yang sama maupun atom-atom yang berbeda disebut ....
A. atom
B. molekul
C. larutan
D. campuran

3. Berikut ini yang bukan merupakan partikel penyusun atom adalah
A. proton
B. neutron
C. elektron
D. kulit atom

4. Kalsium mempunyai nomor atom 20 dan nomor massa 40. Jumlah proton yang terdapat dalam atom kalsium adalah ...
A. 10
B. 20
C. 30
D. 40

5. Atom atau sekelompok atom yang bermuatan listrik disebut ....
A. ion
B. unsur
C. molekul
D. senyawa

6. Berikut ini yang bukan merupakan penyebab perbedaan sifat suatu zat dengan zat lain adalah
A. perbedaan jumlah neutron suatu zat
B. perbedaan ikatan atom penyusun suatu zat
C. perbedaan jumlah dan jenis atom penyusun suatu zat
D. perbedaan struktur (susunan) atom penyusun suatu zat

7. Berikut ini yang bukan merupakan sifat fisika suatu zat adalah ...
A. kerapatan
B kekerasan
C. elastisitas
D. kestabilan

8. Berdasarkan elastisitasnya, bahan berikut yang cocok digunakan sebagai bahan pembuatan skok (shock absorber) kendaraan bermotor adalah ....
A. besi
B. baja
C. karet
D. aluminium
9. Zat yang digunakan untuk menurunkan titik beku dan digunakan sebagai pendingin mesin kendaraan bermotor adalah ....
A. glukosa
B. glikogen
C. etilen glikol
D. anti freeze protein

10. Bahan berikut yang paling sesuai digunakan sebagai bahan pembuatan peralatan memasak adalah ....
A. besi
B timah
C. tembaga
D. aluminium

Soal Essay Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup

1. Atom tersusun atas partikel subatom yaitu proton, neutron, dan elektron. Jelaskan peranan elektron dalam kehidupan sehari-hari
2. Iodin (I) merupakan salah satu zat penyusun tubuh manusia Jelaskan apa fungsi zat tersebut bagi tubuh dan dampak yang terjadi jika tubuh kekurangan iodin!
3. Mengapa bahan yang terbuat dari styrofoam tidak baik digunakan sebagai pembungkus makanan? Jelaskan!
4. Perhatikan kabel listrik berikut.

Sebutkan beberapa bahan yang sesuai digunakan untuk membuat kabel listrik tersebut. Jelaskan sifat fisika dan kimia yang mendukung pemilihan bahan tersebut!

5. Intan dan grafit merupakan zat yang sama-sama tersusun atas atom karbon. Jelaskan apa perbedaan antara intan dan grafit beserta penyebabnya!

 Jawaban Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup


Contoh Soal Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup, Jawaban
Contoh Soal Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup, Jawaban
Demikian jawaban uji kompetensi ipa bab 8 hal 150. Semoga apa yang kami bagikan untuk kali ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Mohon jika ada kesalahan baik itu jawaban atau penulisan artikel. Kami ucapkan terimakasih bagi para pembaca yang telah datang di Undang Faiz.
LihatTutupKomentar