-->
steamdb, eaplay, asuransi, laptop, lenovo, tiket pesawat, harbolnas, investasi, kredit, pinjaman online, pinjol, kursus

Latihan Soal Tentang Tanah Keberlangsungan Kehidupan & Jawaban


Soal beserta jawaban uji kompetensi bab 9 ipa hal 196 tentang tanah dan keberlangsungan kehidupan. Postingan ini Kami buat bertujuan untuk mempermudah para siswa SMP kelas 9 dalam mengerjakan tugas IPA. Ini merupakan postingan keempat dalam materi latihan soal ipa. Gambar mungkin tidak tersedia, karena akan padat jika gambar ditempelkan di postingan ini. Jika ingin melihat gambar Anda tinggal membuka buku paket kelas 9 ipa semester 2 hal 196.

Tanah sangat penting bagi kehidupan manusia yang ada di dunia. Tumbuhan bisa hidup karena adanya air, kalau tidak ada air manusia akan kehausan, hewan-hewan juga bisa mati karena kelaparan dan kurang minum.

Soal dan jawaban tentang Tanah bagi kehidupan adalah sebagai berikut. Sebutkan manfaat tanah bagi kehidupan manusia di dunia ini, agar suhu tetap terjaga. Salah satu fungsi dari tanah adalah kegemburan tanah akan bisa diatur seperti dari tanah pasir dan tanah berpasir lainnya. Orang yang bekerja pada petambangan akan menggali tanah sedalam-dalamnya untuk menemukan bahan tambang, hal ini akan menyebabkan dampak buruk bagi organisme yang hidup di tanah.

Adanya tanah disekitar linkungan akan mengikis dan menyerap air, hal ini akan mencegah terjadinya banjir. Jika di lingkungan rumah tanah sudah dibuat tembok maka tidak akan ada untuk penyerapan air. Tanah akan berubah menurut proses alam itu adalah mengikisnya nutrisi akibat terjadinya hujan yang lebat. Hutan akan lapuk dari terjadinya fisika, biologi dibeberapa lokasi, lokasi yang sangat cepat dalam pelapukan adalah berada di hutan yang sempurna/subur.Tanah liat merupakan tanah yang lumayan keras bisa dibentuk, air tidak bisa menembus ke tanah tersebut ukurannya juga sangat kecil.

Penyebab yang pokok dari erosi tanah akan mengakibatkan organisme yang ada di tanah akan terganggu dan juga lapisa-lapisan yang paling meningkat/atas akan hilang..

Dalam bab ini terdiri dari beberapa konsep materi Tanah dan keberlangsungan kehidupan yang meliputi peran tanah sebagai penunjang kesehatan dan penyedia keperluan manusia, penyaring air, serta tempat bakteri hewan dan bakteri. Proses pemebentukan tanah mulai dari pelapukan, biologis, kimiawi, fisika meliputi iklim, suhu, curah hujan, dan intensitas cahaya. Dalam biologis dapat membatu dengan dekomposer, mempengaruhi tekstur tanah, mencegah berbagai penyakit, dan mengatur kegemburan dan struktur tanah. Berikut Kami bagikan soal dan jawaban uji kompetensi bab 9 ipa hal 196 tentang tanah dan keberlangsungan kehidupan.

Soal Pilihan Ganda Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan
1. Berikut ini yang merupakan peran tanah bagi kehidupan adalah ...
A. menjaga suhu bumi
B. tempat hidup hewan dan bakteri
C. menjaga jumlah populasi tumbuhan
D. penyedia nutrisi yang dibutuhkan hewan dan manusia

2. Salah satu peran organisme tanah adalah mengatur kegemburan tanah. Beni melakukan pengamatan pada beberapa jenis tanah dan mendapatkan hasil sebagai berikut!

Tanah lempung berpasir Tanah yang mengandung organisme tanah berasal dari lokasi ....
A. A dan B
B. A dan D
C. C dan D
D. B dan D

3. Tanah terdiri atas beberapa lapisan. Untuk mendapatkan bahan tambang, manusia melakukan penggalian hingga lapisan yang terdalam. Menurut pendapatmu hal yang mungkin terjadi pada keseimbangan lingkungan akibat penggalian tanah adalah ...
A. meningkatkan pendapatan penduduk
B. mengurangi jumlah mineral dalam tanah
C. mengganggu kehidupan organisme tanah
D. mempercepat pelapukan secara fisika dan kimiawi

4. Perhatikan gambar lapisan tanah berikut!
Lapisan tanah yang paling banyak mengandung materi organik adalah ...
A. lapisan A
B. lapisan B
C. lapisan C
D. lapisan D

5. Hujan dan air mengalir dapat mengikis tanah. Tanah yang paling, banyak terkikis oleh hujan dan air mengalir adalah tanah dari ....
A. daerah datar yang tandus
B. daerah miring yang tandus
C. daerah datar dengan rerumpután
D. daerah miring dengan semak-semak

6. Sifat-sifat tanah berubah melalui proses alam dan aktivitas manusia. Berdasarkan pernyataan berikut yang menunjukkan perubahan tanah karena proses alam adalah ....
A. pengikisan nutrisi akibat hujan lebat
B. banjir akibat pembangunan bendungan
C. pembentukan gurun akibat penebangan pohon
D. degradasi nutrisi tanah akibat penggunaan pestisida

7. Pelapukan tanah dapat terjadi secara biologi, kimia, dan fisika antara lokasi berikut, lokasi yang tanahnya paling cepat mengalam pelapukan adalah daerah ....
A. hutan tropis yang subur
B. padang rumput yang kering
C. memiliki curah hujan tinggi
D. gurun pasir yang sangat panas

8. Ion-ion dalam tanah yang dibutuhkan oleh tumbuhan antara lain
A. O dan CO
B. SO 2 dan
C. Mg2+ dan NO;
D. Mg2+ dan CO

9. Tanah yang memiliki ukuran butiran sangat kecil, sulit ditembus air, dan tidak mengandung campuran pasir dan batuan disebut tanah....
 A. tanah liat
B. tanah lempung
 C. tanah liat berpasir
D. tanah lempung berpasir

10. Akibat utama erosi tanah adalah ....
A. berkurangnya kemampuan tanah menyerap air
B. meningkatnya laju perpindahan mineral dari satu tempat
C. semakin banyaknya tumbuhan pada lapisan atas yang mati
D. hilangnya lapisan tanah teratas sehingga mengganggu organisme tanah

Soal Essay Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan
1. Perhatikan susunan tanah pada botol berikut ini!
Botol A : Tanah lempung, Tanah liat, Tanah Pasir
Botol B : Tanah liat, Tanah lempung, Tanah Pasir
Kedua botol itu ditanami tumbuhan dengan jumlah yang sama dan ketersediaan air yang sama. Pada botol manakah tumbuhan dapat tumbuh dengan subur dalam jangka waktu yang lama? Uraikan alasanmu!
2. Perhatikan percobaan berikut ini! Ada tiga tabung reaksi yang diisi oleh jenis tanah yang berbeda kemudian diberi air dengan volume yang sama. Ketiga tabung tersebut dikocok dalam waktu yang sama dengan kekuatan pengocokan yang sama. Setelah itu, ketiga tabung didiamkan pada rak tabung reaksi.Menurut pendapatmu tabung manakah yang tanahnya paling cepat mengendap? Jelaskan alasanmu!
3. Di daerah pegunungan atau perbukitan, lahan pertanian dibuat secara terasering. Jelaskan keuntungan sistem terasering tersebut!
4. Ion nitrat adalah salah satu ion yang dibutuhkan oleh tumbuhan. Berikut ini adalah data kandungan ion nitrat di dua daerah yang berbeda:
Berdasarkan data tersebut. Mengapa pada daerah yang pohonnya banyak ditebang jumlah nitrat dalam tanah lebih tinggi?
5. Di lapisan tanah yang semakin dalam, ditemukan lebih sedikit organisme dibandingkan dengan lapisan bagian atas. Menurut pendapatmu, mengapa hal itu terjadi?


Latihan Soal dan jawaban Tanah Keberlangsungan Kehidupan

Demikian terkait informasi soal dan jawaban uji kompetensi bab 9 ipa hal 196 tentang tanah dan keberlangsungan kehidupan. Semoga dapat memberi manfaat bagi para pembaca terutama untuk murid SMP kelas 9. Apa yang Kami bagikan bisa digunakan untuk belajar dan mempermudah Anda dalam mengerjakan tugas sekolah. Jika terdapat kesalahan terutama dalam jawaban Anda bisa memberi kritik yang membangun agar kedepannya bisa lebih maju lagi. Terimakasih, semangat belajar.
LihatTutupKomentar