-->
steamdb, eaplay, asuransi, laptop, lenovo, tiket pesawat, harbolnas, investasi, kredit, pinjaman online, pinjol, kursus

Soal dan Pembahasan tentang Bioteknologi (Pilgan - Essay) dan Jawabannya


Kali ini Kami akan membagikan jawaban ipa uji kompetensi 7 bioteknologi kelas 9 hal 90. Materi ini ditemukan pada buku paket kelas 9 semester 2. Bioteknologi terbagi menjadi beberapa materi mulai dari bioteknologi dan perkembangannya melibatkan bioteknologi konvesional meliputi mikroorganisme secara langsung, proses fermentasi. Kemudian dalam penerapan bioteknologi dalam kehidupan meliputi bioteknnologi pangan misalnya mulai dari tape, tempe, kecap, roti, keju dan sebagainya. Dampak perkembangan dan penerapan bioteknologi dalam kehidupan melibatkan dampak terhadap lingkungan, dampak terhadap kesehatan, dan terhadap sosial dan juga ekonomi.

Adapun tujuan Kami memposting artikel ini adalah untuk meringankan beban para siswa dalam mengerjakan tugas baik tugas rumah atau tugas yang harus dikerjakaan secara mendadak di sekolah. Dari materi ini terdapat 15 soal yang berbentuk pilihan ganda dan uraian. 10 soal untuk pilihan ganda dan sisanya berupa soal esai. Jawaban sudah Kami bagikan dan sudah tersedia dibawah soal. Soal tersebut berkaitan dengan materi bioteknologi, semoga dengan jawaban yang sudah Kami berikan bisa memberi manfaat untuk Kita semua terutama untuk siswa SMP yakni kelas 9 yang merupakan semester akhir di sekolah SMP.

Soal dan pembahasan yag berkenaan dengan bioteknologi adalah sebagai berikut. Soal pertama kita harus menentukan bahan/produk apa saja yang termasuk dalam bantuan bakteri. Apa saja manfaat kedelai, tentunya manfaat kedelai untuk membuat tempe dan tahu. Roti harus ditutup rapat kalau adonannya sudah ditambahkan khamir. Peran dari sebuah jamur yang disebutkan dalam pertanyaan, Reaks kimia yang benar pada saat terjadinya fermentasi saat membuat makanan seperti tape. Berteknoloni industri dapat meningkatkan kebutuhan sehari-hari, ini merupakan salah satu peran bioteknologi.

Semakin berkembangnya jumlah penduduk/masyarakat di indonesia, hal ini dapat meningkatkan bioteknologi dan juga dapat mendorong adanya kebutuhan untuk konsumen. Kebutuhan tersebut bisa berupa bahan pangan, bisa berupa karbohidrat, makanan yang mengandung protein yang tinggi, dan sebagainya. Bioteknologi juga akan ada dampak buruknya, tidak akan selalu bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Dampak negatif dari bioteknologi yakni akan semakin berkurangnya kekayaan alam untuk membangun nasional di negara indonesia.

Berikut Kami sediakan soal beserta jawaban untuk materi bioteknologi jawaban ipa uji kompetensi 7 bioteknologi kelas 9 hal 90. Jawaban sudah disediakan dibawah soal Anda hanya tinggal menganalisis setiap jawaban yang tersedia.

Soal tentang Bioteknologi
1. Produk berikut yang dibuat dengan bantuan bakteri adalah
A. tahu
B. kecap
 C. yoghurt
D. tempe

2. Berikut ini yang termasuk bioteknologi adalah ....
A. pemanfaatan kedelai untuk membuat tahu
B. pemanfaatan bakteri untuk pengomposan
C. menggabungkan dua sifat tanaman dengan cara okulasi
D. pemanfaatan bakteri untuk membuat asam cuka

3. Adonan roti yang sudah diberi khamir (Saccharomyces cerevisiae) harus ditutup rapat dengan tujuan agar ....
A. khamir melakukan respirasi anaerob yang akan menghasilkan alkohol dan oksigen
B. khamir melakukan respirasi aerob yang akan menghasilkan alkohol dan oksigen
C. khamir melakukan respirasi aerob yang akan menghasilkan alkohol dan karbon dioksida
D. khamir melakukan respirasi anaerob yang akan menghasilkan alkohol dan karbon dioksida

4. Jamur Aspergillus wentii berperan dalam pembuatan ....
A. tape
B. oncom
C. tempe
D. kecap

5. Reaksi kimia yang terjadi pada peristiwa fermentasi, seperti pada pembuatan tape adalah .
A. glukosa → CO, + H2O + energi
B. glukosa → CO, + alkohol + energi
C. glukosa + 0, → CO, + H2O + energi
D. glukosa + O, → CO, + alkohol + energi

6. Prinsip pada bioteknologi industri adalah ....
A. menggunakan teknik fermentasi
B. memproduksi barang dan jasa untuk kebutuhan komersial
C. menggunakan bioteknologi untuk memenuhi kebutuhan konsumen
D. memproduksi barang dan jasa dalam skala besar dengan cara efisien melalui pemanfaatan mikroorganisme

7. Semakin meningkatnya jumlah penduduk di Indonesia, mendorong dikembangkannya bioteknologi yang dapat memenuhi kebutuhan bahan pangan dengan kualitas yang tinggi. Berikut upaya yang dapat dikembangkan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, kecuali...
A. pengembangan kloning
B. pengembangan hewan transgenik
C. pengembangan protein sel tunggal
D. pengembangan teknik fermentasi makanan

8. Bioteknologi dalam penerapannya tidak selalu bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari, akan tetapi juga berdampak negatif bagi lingkungan. Berikut dampak negatif bioteknologi bagi lingkungan adalah ....
A. menghasilkan limbah yang tinggi
B. menghasilkan alkohol yang tinggi
C. menciptakan bahan pangan transgenik
D. mengurangi plasma nutfah di Indonesia

9. Pembuatan insulin dengan menyisipkan gen pembentuk insulin dengan gen bakteri adalah salah satu contoh aplikasi bioteknologi yang disebut ....
A. kloning
B. mutasi
C. transplantasi
D. rekayasa genetika

10. Vaksin merupakan salah satu produk bioteknologi dalam bidang kesehatan. Vaksin disebut sebagai produk bioteknologi karena ....
A. diproduksi dalam skala besar dengan memanfaatkan mikroorganisme
B. proses pembuatannya melalui teknik rekayasa genetika dengan memanfaatkan bakteri
C. proses pembuatannya melalui proses fermentasi dengan memanfaatkan Saccharomyces
D. proses pembuatannya melalui teknik rekayasa genetika dengan memanfaatkan Saccharomyces

Sol Uraian Bioteknologi
1. Perhatikan data gizi bahan makanan pada tabel berikut.



Data tabel di atas merupakan komposisi zat gizi pada kedelai dan tempe. Berdasarkan tabel tersebut komposisi gizi kedelai lebih bagus daripada tempe, tetapi mengapa banyak orang mengatakan mengonsumsi tempe lebih baik daripada mengkonsumsi kedelai?
2. Salah satu teknik rekayasa genetika yang dikembangkan adalan kloning. Teknik ini dilakukan untuk menghasilkan keturunan yang memiliki sifat identik dengan induknya. Coba kamu jelaskan bagaimana proses kloning dilakukan oleh para ilmuwan!
3. Bioteknologi berkembang dengan sangat pesat. Sebutkan lima contoh bahan pangan yang merupakan produk hasil bioteknologi yang dapat kamu temukan dalam kehidupan sehari-hari!
 4. Perkembangan bioteknologi terus meningkat, sejalan dengan peningkatan kebutuhan pangan masyarakat. Menurut kamu apa dampak negatif penerapan bioteknologi bagi lingkungan?
5. Sebutkan tiga alasan mengapa perlu dikembangkan bioteknologi hewan dan tumbuhan transgenik?

Soal dan Pembahasan tentang Bioteknologi

Demikian informasi yang Kami sampaikan untuk artikel kali ini. Artikel yag bertemakan latihan soal ipa tentang bioteknologi. Semua jawaban sudah Kami bagikan, Anda hanya tinggal menganalisis apakah jawabannya benar atau salah, jika salah Anda bisa bertanya atau mengirim pesan melalui kontak blog ini. Cukup sekian untuk artikel kali ini semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca terutama untuk siswa SMP kelas 9. Terimakasih kepada para pembaca yang telah mengujungi blog ini, semoga berhasil.
LihatTutupKomentar