-->
steamdb, eaplay, asuransi, laptop, lenovo, tiket pesawat, harbolnas, investasi, kredit, pinjaman online, pinjol, kursus

Kegiatan 2 Pertanyaan Telaah dan Kegiatan 4 Pertanyaan Telaah Bahasa Indonesia

Kegiatan 2 Pertanyaan Telaah dan Kegiatan 4 Pertanyaan Telaah Bahasa Indonesia

Pada kesempatan ini kami akan membagikan kegiatan 2 pertanyaan telaah dan kegiatan 4 pertanyaan telaah. Ini merupakan materi dari buku paket pelajaran bahasa indonesia bab tentang teks diskusi. Dalam bab ini terdapat lima kegiatan, tapi kami hanya membagikan 2 kegiatan saja yakni kegiatan 2 dan kegiatan 4 tentang pertanyaan telaah. Untuk kegiatan terakhir kami pisahkan, sudah diposkan melalui blog ini. Jawaban pasti akan berbeda, karena setiap orang pasti berbeda pendapat dalam menganalisis teks diskusi.

Sengaja Kami bagikan kegiatan ini bertujuan untuk meringankan para siswa SMP dalam mengerjakan tugas. Mungkin ini bermanfaat bagi siswa smp kelas 9 karena latihan kegiatan ini terdapat pada buku bahasa indonesia kelas 9. Kami akan sediakan link untuk kunci jawaban kegiatan 2 dan kegiatan 4 pertanyaan telaah, link tersebut akan disimpan di bawah soal.

Dari kegiatan tersebut yang pertama adalah menganalisis teks yang berjudul manfaat olahraga bagi anak-anak. Disini ada 11 soal, dari soal tersebut menanyakan tentang teks diskusi beserta strukturnya. Kegiatan selanjutnya sama yaitu menganalisis teks diskusi, namun judul berbeda yakni tentang daur ulang. Soalnya ada 13 didalamnya disuruh untuk menjawab struktur teks diskusi pada teks yang sudah disediakan. Beberapa soal sudah dijawab, sumber jawaban sebagian dari web lain. Jawabannya mungkin ada yang salah atau tidak tepat, Anda bisa memberikan kritik pada blog kami.

Kegiatan 2: Pertanyaan Telaah

1. Apa pendapat penulis terhadap topik ini?
2. Apa kata atau frasa yang digunakan penulis untuk mengatakan pandangannya?
3. Teks eksposisi di atas belum memiliki judul. Judul apa kira-kira yang paling sesuai?
4. Pada bagian pendahuluan, penulis menggunakan kata 'kita'. Mengapa penulis melakukan ini?
5. Bagaimana penulis menyusun gagasannya dan alasannya?
6. Eksposisi menggunakan kata emotif agar memberi dampak bagi pembaca. Beberapa kata emotif yang digunakan dalam teks di atas adalah menyenangkan, pertemanan, kerja sama. Coba temukan kata emotif lainnya yang ada dalam teks.
7. Eksposisi menggunakan kata-kata untuk meyakinkan pembaca (persuasi) agar setuju dengan pandangan penulis. Beberapa kata persuasif yang digunakan dalam teks adalah sangat baik, memerlukan, harus. Coba temukan kata lainnya.
8. Eksposisi menggunakan kata-kata tertentu yang menghubungkan gagasan
dalam paragraf dan menghubungkan antarparagraf. Beberapa kata hubung yang digunakan dalam teks adalah juga, selain itu, dan. Temukan kata lainnnya.
9. Eksposisi menggunakan kata-kata topik dalam keseluruhan teks. Kata kata topik ini berkaitan dengan judul atau inti persoalan. Dalam teks ini dapat berupa kata-kata tentang anak-anak dan olahraga. Dapatkah kamu temukan beberapa contoh kata-kata topik ini dalam teks?
10. Apa tujuan simpulan dalam eksposisi?
11. Apa alasan dalam isi eksposisi yang dirujuk dalam simpulan?

Kegiatan 4: Pertanyaan Telaah

1. Selain judul di atas, coba buat judul lain yang lebih menarik menurutmu!
2. Apa tujuan pendahuluan dalam teks diskusi ini?
 3. Apakah menurutmu pendahuluan ini sudah efektif? Jelaskan mengapa!
4. Tahukah kamu mengapa kata hijau ditulis dalam tanda kutip “hijau”? Jelaskan mengapa!
5. Bagaimana teks diskusi ini disusun?
6. Bagaimana teks beralih dari satu sudut pandang ke sudut pandang yang lain?
7. Bagaimana simpulan berkaitan dengan bagian teks lainnya (isi dan pendahuluan)?
8. Apa bagian paling efektif dari simpulan? Mengapa?
9. Diskusi menggunakan kata-kata untuk meyakinkan pembaca agar setuju dengan pandangan mereka. Beberapa kata persuasif yang digunakan dalam teks ini adalah tidak mudah, berpikiran sempit. Coba temukan yang lainnya.
10. Diskusi menggunakan kata-kata untuk menghubungkan gagasan dalam satu paragraf dan hubungan gagasan antar-paragraf. Beberapa kata hubung yang digunakan dalam teks adalah namun, ditambahkan pada so sama. Dapatkah kamu temukan yang lainnya?
11. Pungtuasi (tanda baca) sangat penting dalam setiap jenis tulisan. Apa perbedaan jenis pungtuasi yang digunakan dalam teks ini? Tuliskan kembali contoh setiap jenis itu.
12. Apakah teks diskusi ini efektif? Jelaskan mengapa!
13. Kata-kata yang perlu dicermati (cari maknanya dalam kamus, kamus istilah bidang ilmu, atau ensiklopedia) adalah gaya hidup hijau, daur ulang, limbah B3, organik, nonorganik, kampung wisata, bonus.

Bagi yang menginginkan jawaban tersebut tinggal klik saja link yang sudah tersedia.

Kunci Jawaban

Kegiatan 2 Pertanyaan Telaah Bahasa Indonesia


Kegiatan 2 Pertanyaan Telaah

Kegiatan 2 Pertanyaan Telaah
Kegiatan 2 Pertanyaan Telaah

Kegiatan 4 Pertanyaan Telaah Bahasa Indonesia


Kegiatan 4 Pertanyaan Telaah Bahasa Indonesia

Kegiatan 4 Pertanyaan Telaah Bahasa Indonesia

Kegiatan 4 Pertanyaan Telaah Bahasa Indonesia

Demikian latihan kegiatan 2 pertanyaan telaah dan kegiatan 4 pertanyaan telaah bahasa indonesia, semoga bisa membantu kalian. Mohan maaf bila masih ada kesalahan, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca khususnya untuk siswa smp kelas 9. Terimakasih Sudah Datang di Undang Faiz.
LihatTutupKomentar